Tata Cara Dan Urutan Pelaksanaan Ibadah Haji Dari Awal Sampai Akhir Yang Benar. | Khazzanah Tour

Izin Umroh: no. 116 Thn. 2008 I izin Haji: D/91/2014 _By : PT. Khazzanah Al - Anshary

HP / WA : 0823-24288-317
Paket-Umroh-Plus-Turki-Paket-Umroh-Ramadhan-Murah

Tata Cara Dan Urutan Pelaksanaan Ibadah Haji Dari Awal Sampai Akhir Yang Benar.

Tata Cara Dan Urutan Pelaksanaan Ibadah Haji Dari Awal Sampai Akhir Yang Benar. 

Tata Cara Haji - Ibadah yang satu ini merupakan ritual yang sangat di sarankan bahkan di wajibkan  bagi umat muslim di Indonesia dan seluruh dunia bagi yang sudah mampu. Melakukanya setidaknya minimal sekali seumur hidup.

Mampu di sini tidak hanya punya uang untuk melaksanaknya, tapi juga mampu dari sisi fisik yang mumpuni / sehat jasmani rohani dan juga mampu dari segi  lainya, seperti sudah baligh, sehat akalnya, tanpa paksaan dan orang lain dan sebagainya.

Haji menurut bahasa bisa di artikan meyengaja atau mengunjungi.  Menurut bahasa memiliki makna mengunjungi Baitullah dan tempat tempat tertentu serta melakukan ritual ritual tertentu pula dalam waktu yang sudah di tentukan.  Dalam Tata Cara Haji tempat tempat yang di kunjungi saat ibadah haji misalnya Ka’bah,  Mina, Arafah, Mudzalifah, Mina, Mas’a.

Tata-Cara-Dan-Urutan-Pelaksanaan-Ibadah-Haji-Dari-Awal-Sampai-Akhir


Dengan mempelajari Tata Cara Haji atau Urutan Pelaksanaan Ibadah Haji Dari Awal Sampai Akhir kita tidak akan bingung saat berada di kota Mekah dan Madinah saat berlangsungnya ibadah ini nantinya. Sehingga kita lebih nyaman dan tenang di sana. Ibadah ini termasuk rukun islam yang ke lima dan harus di jalankan bagi yang berkemampuan. Hal ini di jelaskan Allah dalam Quran Surat Al Hajj ayat 27 sampai 32 dan Surat Ali imran ayat 97 :

“Padanya terdapat tanda – tanda yang nyata,  maqam Ibrahim. Barangsiapa memasukinya ( baitullah) menjadi amanlah dia. Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu oang yang sanggup megadakan perjalanan ke Baitullah. Barang siapa yang mengingkarinya, maka sesungguhnya Allah maha kaya di alam semseta . “ ( Ali imran : 97)

Di Tata Cara Haji ini biasanya rukun islam ke 5 ini di jalankan pada bulan Syawal sampai tanggal 10 Dzulhijah setiap tahunya. Di luar itu Umumnya umat muslim melakukan ibadah haji kecil atau biasanya di sebut Umroh.  Dalam melakukan ibadah Haji ritual yang di lakukan sperti thowaf atau mengelilingi ka’bah sebanyak tujuh kali, di mulai dari pojok atau sudut kab’bah yang ada hajar aswad ( batu hitam) di kota Mekah.

Di lanjutkan Sa’i yakni lari – lari kecil antara Bukit Shofa dan Marwah.  Lalu melakukan Wukuf. Yakni melaksanakan doa dan dzikir, melihat dan mohon ampun atas dosa-dosa kita, Melihat kebesaran Allah swt dan lain sebagianya. Wukuf biasanya di lakukan di padang Arafah.

Urutan-Pelaksanaa-Ibadah-Haji-Dari-Awal-Sampai-Akhir-Yang-Benar


Kemudian Tata Cara Dan Urutan Pelaksanaan Ibadah Haji Dari Awal Sampai Akhir ini setelah melakukan wukuf jamaah haji biasanya pergi dan mabit atau menginap di mudzalifah. Ini adalah tempat antara Mina dan Arafah. Di sini orang – orang biasanya berdoa dan menginap tanpa atap. Setelah mabit di mudzalifah, jamaah menuju ke Mina untuk mekaukan lontar jumrah.

Di sini para jamaah melakukan lemparan batu minimal tujuh kali dari salah satu tiga pilar yang ada di sana. Dengan sebab keamanan kini tiang tersebut diganti dengan tembok yang memanjang dan tinggi. Tiang tersebut sebenarnya awalnya adalah symbol setan.

Lalu Tata Cara Haji Atau Urutan Pelaksanaan Ibadah Haji Dari Awal Sampai Akhir setelah melakukan lempar jumrah, rangkaian ibadah berikutnya ialah memotong hewan qurban.  Menyembelih hewan qurban ini  adalah untuk memperingati dan mengenang kisah nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Dua orang nabi, anak dan ayah yang kisahnya di abadikan dalam Al Quran surah As Shoffat ayat 99 sampai ayat 111 :

“Dan tatkala Ibrahim berkata: “Sesungguhnya aku pergi menghadap kepada Tuhankku, dan Dia akan memberikan petunjuk kepada aku. (99)

Ya Tuhanku, anugerahkanlah ku (anak) yang  yang saleh (100)
Maka Kami beri dia kabar gembira dengan anak yang amat sabar. (101)

Maka tatkala anak itu sampai berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: “Wahai anakku sesungguhnya aku melihatmu dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka pikirkanlah bagaimana menurutmu?” lalu Ia menjawab: “hai ayahku, kerjakanlah apa yang diperintahkan Allah kepadamu; insyaAllah kamu akan mendapati aku termasuk orang-orang yang sabar. (102)

Saat keduanya telah menyerahkan diri dan Ibrahim membaringkan anaknya di atas pelipisnya (103)
Dan Kami memanggilnya: “Wahai Ibrahim (104)

Sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi tersebut, Sungguh demikianlah Kami memberi balasan kepada orang yang berbuat baik. (105)
Sungguh ini benar-benar ujian yang nyata. (106)

Dan Kami tebus anak tersebut (ismail) dengan seekor sembelihan yang sangat besar. (107)
Kami abadikan untuk Ibrahim itu untuk kalangan orang-orang yang datang kemudian (108)

 “Kesejahteraan dilimpahkan atas Ibrahim.” (109)
Demikianlah Kami memberi balasan ke orang-orang yang berbuat baik. (110)
Sungguh dia termasuk hamba-hamba Kami yang telah beriman.” (111)


Ini-Tata-Cara-Dan-Urutan-Pelaksanaan-Ibadah-Haji-Dar-iAwal-Sampai-Akhir


Subhanallah betapa luar biasanya kisah  dua manusia mulia ini yang sampe sampe Allah tuangkan kisah contoh baiknya dalam kitab suci umat islam ini. Nabi Ibrahim merupakan Bapak para nabi yang Allah perintahkan kita untuk meneladaninya.

Selain ketaatanya pada semua perintah-perintah Allah, Nabi Ibrahim juga pada awalnya – awalnya mencari – cari kebenaran dan sosok yang patut di sembah, di ikuti, tempat memohon serta di mintai pertolongan setiap saat.

Hal ini juga di kisahkan Dalam surat Al –an’am ayat 74 - 79 yang artinya :

“ Tatkala malam telah datang, dia melihat sebuah bintang, dia berkata: " Inilah Sesembahanku " Tetapi saat bintang itu hillang dia berkata: "Saya tidak meyukai kepada yang tenggelam / hilang.

Kemudian sqaat dia melihat bulan terbit dia mengatakan: "Inilah sesembahanku". Tapi sesudah bulan itu terbenam dia berkata: "Sesungguhnya jika Tuhanku tak mengasih petunjuk kepadaku, pastilah saya termasuk orang-orang yang tersesat.

Kemudian saat dia melihat matahari terbit, dia mengatakan: "Ini dai sesembahanku, ini yang jauh lebih besar", maka di saat matahari itu telah terbenam, dia mengatakan:

"Wahai kaumku, sesungguhnya aku berlepas diri dari apa yang kamu persekutukan. Sesungguhnya aku menghadapkan diriku kepada Tuhan yang menata langit dan bumi dengan condong kepada agama yang benar, dan tidaklah aku termasuk orang-orang yang menyekutukan Allah”

Lalu Tata Cara Dan Urutan Pelaksanaan Ibadah Haji Dari Awal Sampai Akhir  selanjutnya setelah melakukan pemotongan hewan di hari raya urutan ibadah haji ialah  halak. Yakni memotong rambut sebagian buat wanita dan mencukur semuanya bagi laki-laki.

Setelah itu jamaah haji kembali kekota Mekah untuk melakukan Thowaf ifadhoh. Lalu Thowaf wada’ untuk ritual ibadah mahdhoh penutupan Haji. Setalah dari kota mekah dai menyelesaikan Haji biasanya jamaah berkunjung ke Madinah. Di kota ini terdapat masjid nabawi tempat nabi Muhammad di istirahatkan.

Semoga Allah menggolaongkan kita sebagai hamba-hambanya yang layak masuk surga dunia dan Akherat. Demikianlah Tata Cara Dan Urutan Pelaksanaan Ibadah Haji Dari Awal Sampai Akhir. Mudah mudah an kita semua bisa mencontoh keteladanan mulia dari Nambi Ibrahim di atas dan yang belum pernah ke tanah suci, di perkenan kan Allah pergi haji atau umroh ke kota Mekah dan Madinah. Amiin.

Paket-Umroh-Plus-Turki-Paket-Umroh-Ramadhan-Murah